Sabtu, 28 September 2013

Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan

Nama   : Gusty Randa
NPM    : 23210058
Kelas    : 4eb20
Mata Kuliah : Etika Profesi Akuntansi # ( tugas 1 )

Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan

Pengertian Etika yang berarti "timbul dari kebiasaan" adalah sebuah dimana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral. Etika mencakup analisis dan penerapan konsep berarti seperti, benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab.

Jenis Etika ada 2 macam yaitu :

  1. Etika Filosofis : etika yang berasal dari kegiatan berfilsafat atau berpikir, yang dilakukan manusia
  2. Etika Teologis : etika yang mengajarkan hal-hal yang baik dan buruk berdasarkan ajaran-ajaran agama
Prinsip-Prinsip Etika
Tuntutan profesional sangat erat hubungannya dengan suatu kode etik untuk masing-masing profesi. Kode etik itu berkaitan dengan prinsip etika tertentu yang berlaku untuk suatu profesi. Dibawah ini terdapat 4 Prinsip Etika :
  1. Prinsip Tanggunng Jawab : satu prinsip pokok bagi kaum profesional, orang yang profesional itu adalah orang yang bertanggung jawab.
  2. Prinsip Keadilan : menuntut orang yang profesional agar dalam menjalankan profesinya ia tidak merugikan hak dan kepentingan pihak tertentu.
  3. Prinsip Otonomi : prinsip yang dituntut oleh kalangan profesional terhadap dunia luar agar mereka diberi kebebasan sepenuhnya dalam menjalankan profesinya.
  4. Prinsip Integritas Moral : berdasarkan hakikat dan ciri-ciri profesi diatas terlihat jelas bahwa orang yang profesional adalah juga orang punya integritas pribadi atau moral yang tinggi.
Basis Teori Etika 
Basis Teori Etika terdapat 4 Macam yaitu ;
  1. Etika Teleologi : berdasarkan tujuan yang akan dicapai atau berdasarkan akibat yang ditimbulkan dari tindakan yang telah dilakukan, teologi terdapat 2 aliran yaitu : Egoisme Etis dan Utilitarianisme
  2. Deontologi : Kewajiban 
  3. Teori Hak : Dalam pemikiran moral saat ini, teori hak merupakan pendekatan yang paling banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku
  4. Teori Keutamaan : dalam teori keutamaan bisa didefinisikan sebagai diposisi watak yang telah diperoleh seseorang dan memungkinkan seseorang untuk bertingkah laku baik secara moral.
Egoisme
Egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan mengingkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri ditengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. 

Sumber



OPINI
Menurut Pendapat Saya mengenai tulisan yang dibuat tentang Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan, yaitu pada dasarnya manusia mempunyai etika yang berbeda-beda ada yang benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab semua itu karena dari diri sendiri apakah orang tersebut memang sudah mempunyai etika yang baik dalam lingkungan luar maupun dalam. bisa dilihat dari basis-basik etika yang terdapat 4 macam tersebut. prinsip pun juga harus memliki keadilan, kebaikan, kebebasan dll. jadi orang yang mempunyai sifat egoisme itu orng yang tidak pernah puas apa yang dia dapatkan dan apa yang dia kerjakan selalu menurut dia kurang maka dari itu egoisme bisa juga dapat dilihat dari etika seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar