Minggu, 08 April 2012

2eb20_K5

Nama   : Gusty Randa
NPM   : 23210058
Kelas   : 2eb20



Mencermati Dampak Kenaikan HargaMinyak 

Harga minyak dunia dalam pekan lalu kembali melambung mencapai US$82 per barel.Meski demikian, kenaikan ini ditanggapi dingin oleh pejabat pemerintah. Menteri di bidang ekonomi tampak masih tenang-tenang saja dan tidak menunjukkan kegerahanataupun kerisauan.Menteri ESDM dalam rapat dengar pendapat dengan anggota DPR pekan lalu jugamenolak usul perubahan asumsi harga minyak dalam RAPBN 2008.Intinya, pemerintah masih mencermati perkembangan harga dari waktu ke waktu. Asumsiharga minyak dalam APBNP 2007 dan RAPBN 2008 memang asumsi rata-rata hargaselama setahun, sedangkan lonjakan harga terjadi baru beberapa pekan terakhir. Karenaitu, pemerintah menilai asumsi dalam APBNP dan RAPBN 2008 masih realistis. Naiknya penerimaan akibat kenaikan harga minyak dan naiknya beban pengeluaran yangditanggung seperti subsidi BBM dan listrik masih dalam kisaran yang aman.Mungkinkah harga minyak masih akan terus naik. Dalam pertemuan OPEC terakhir diWina, awal bulan ini, diputuskan untuk menahan melesatnya harga minyak dunia denganmenyetujui penambahan kapasitas dipasaran sebesar 500.000 barel per hari. Dengantambahan kuota, Purnomo Yusgiantoro berharap harga minyak bakal berangsur turun.

Lantas apa dampak kenaikan harga minyak bagi perekonomian Indonesia? Selama ini peran minyak dalam perekonomian maupun anggaran negara masih sangat besar. BagiIndonesia, kenaikan harga minyak dunia mempunyai dua sisi dampak berbeda. Di satusisi menguntungkan karena meningkatnya penerimaan dari minyak. Namun, di sisi lainmenimbulkan masalah karena meningkatnya subsidi bagi pemerintah dan meningkatnya biaya produksi bagi dunia usaha, karena bahan bakar minyak (BBM) untuk industri tidak lagi disubsidi pemerintah.

Penyelesaian....
harga minyak di dalam negeri harus mengikuti perkembangan harga minyak dunia karena pentingnya peran harga dalam menentukanarah perekonomian. Namun, dari pertimbangan bisnis dan sosial politik di dalam negeri,kenaikan harga minyak mempunyai implikasi besar dalam menekan kegiatan bisnis dan dapat memicu masalah sosial politik yang serius.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar